Sunday, September 25, 2016

Pria Indonesia Tidak Pernah Cuci Tangan?

 “Saya takut bersalaman dengan pria Indonesia, saya tidak yakin mereka mencuci tangannya.”

Hahahaha..jangan tersinggung dulu………ini adalah komentar seorang teman perempuan Jepang saya. ASLI! TRUE STORY! Apapun gelar anda, seberapa pun tinggi jabatan anda, kalau anda pria Indonesia, anda masuk kategori yang sama di dalam kepalanya!

Saya kaget waktu mendengarnya. Padahal wanita itu sering malang melintang dalam komunitas orang Indonesia dan punya banyak teman orang Indonesia, baik pria maupun wanita. Saya jadi berpikir, jangan-jangan bukan dia saja yang berpikiran demikian? Jangan-jangan sebagai bangsa negara berkembang, kita semua dipukul rata?




Yah..jangan salahkan mereka kalau mereka punya sugesti yang buruk tentang kita. WC bandara yang becek, bau dan mampet lah yang menyambut orang-orang asing yang datang ke negara kita. Belum lagi WC umum di objek-objek pariwisata serta sampah yang bertebaran di mana-mana, bahkan di jalan protokol sekalipun. Seberapa mewahnya hotel bintang lima, seindah apa pun pemandangan yang ditawarkan oleh sang zamrud khatulistiwa, …ketahuan deh…KITA JOROK!

Sejak itu saya pun berhati-hati kalau memberi oleh-oleh untuk orang luar negeri. Kalau merupakan makanan yang bisa dibagi bersama seperti kacang, saya cari yang bungkusnya individual, bukan yang di toples. Karena kalau kacang dalam toples ditaruh di pantry kantor, bayangkan, berapa tangan yang dalam usaha ‘mengeruk’ kacang itu, meninggalkan ‘kenang-kenangan’ berupa kuman dari sela-sela kuku dan sel-sel kulit mati dari jari kapalan. Hiiiiiiiiiyyy!!!

No comments:

Post a Comment